Pentingnya Pendidikan MDA

9 Jul

Pendidikan yang hanya menekankan pengetahuan dan intelektualitas serta mengesampingkan akhlak, budi pekerti, dan moralitas, bisa menjadi penyebab bobroknya moral bangsa. Dampak dari semua itu adalah yang paling terasa bobroknya moral bangsa secara universal. Ini ditandai dengan makin maraknya praktek korupsi dan tingginya angka kejahatan, baik yang masuk kategori kriminal maupun moral seperti penyimpangan seksual, tumbuh suburnya media-media berbau porno, dan maraknya seks bebas.

Hal diatas bisa ditanggulangi sejak dini dengan menekankan pada pendidikan agama. Ini dilakukan Kang Yance dengana menerbitkan Perda No. 2 Tahun 2003 tentang Wajib MDA. Pemberlakuan perda No. 2 Tahun 2003 tentang wajib belajar Madrasah Diniyah Awaliyah ini banyak dipahami dalam rangka membangun generasi masa depan yang tercerahkan pikirannya dan dimensi spiritualnya. Sehingga kerangka etik moral dan harmoni sosial menjadi modal penting dalam interaksi dan pergaulan di tengah-tengah masyarakat.

Latar belakang diterbitkannya Perda tersebut antara lain berangkat dari keprihatinan Kang Yance yang mendalam terhadap dekadensi moral yang melanda kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Indramayu. Perilaku yang menyimpang dari tujuan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Dengan demikian sejak dini generasi muda dibekali pendidikan agama.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: