Program Pengentasan Kemiskinan

13 Jul

Pemberantasan kemiskinan saat masa kepemimpinan Kang Yance (H. Irianto MS Syafiuddin) di Kabupaten Indramayu tidak mudah karena terbelenggu faktor budaya yang membentuk pola kemiskinan kultural. Akibatnya, jumlah keluarga miskin terus bertambah, bahkan mencapai sepertiga dari total keluarga di kabupaten ini di dukung dengan budaya konsumtif masyarakat yang merupakan salah satu penyebab bertahannya angka keluarga miskin itu. Pola berpikir kreatif dan produktif belum banyak dimiliki warga Indramayu sehingga mereka cenderung bergantung pada alam, tanpa ada upaya lebih. Bagi mereka, tanpa modal, usaha produksi tidak bisa berjalan.

Untuk mengatasi hal tersebut Kang Yance mengupayakan berbagai program pemberantasan kemiskinan diantaranya adalah
– Pemberian bantuan kepada masyarakat miskin dan nelayan secara sistematis dalam rangka meningkatkan upaya mengurangi kemiskinan
– Penyelenggaraan bimbingan pendidikan luar sekolah bagi anak jalanan.
– Pemberian bea siswa bagi pelajar berprestasi dari keluarga tidak mampu dan nelayan
– Penyuluhan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu

Disamping itu untuk pemberantasan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melakukan sejumlah program, baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Bantuan langsung yang berbentuk Program Keluarga Harapan bertujuan memberi bantuan pendidikan dan kesehatan kepada keluarga miskin bersyarat. Selain itu, ada juga Yayasan Gerakan Masyarakat Peduli Rakyat Keluarga Miskin yang kini memiliki dana berkisar Rp 14 miliar untuk membantu menyejahterakan keluarga miskin.

Bentuk pemberantasan kemiskinan secara tidak langsung adalah dengan penyediaan dana pendidikan dan pengobatan gratis, serta membangun infrastruktur jalan desa. Setidaknya adat sekitar 40 persen APBD Indramayu, Rp 1,2 triliun, untuk memberantas kemiskinan.

Inilah bentuk perhatian dan kepedulian Kang Yance terhadap rakyat yang kurang mampu di Kab Indramayu, bentuk pengabdian dan totalitas beliau dalam mengentaskan kemiskinan di Indramayu yang patut mendapat acungan dua jempol :)

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: