Pemberdayaan Petani di Indramayu

18 Jul

Jika dilihat dari statistik mungkin sebagian besar penduduk dari Kabupaten Indramayu mempunyai profesi sebagai petani, ini tak mengherankan mengingat tanah pertanian di Indramayu yang begitu luas, yang harus ditunjang pula dengan sumberdaya bidang pertanian yang banyak. Ini harus ditunjang pula oleh keberadaan penyuluh pertanian untuk memberikan wawasan kepada petani sekaligus diharapkan meningkatkan produksi hasil pertanian.

Dengan diintensifkan penyuluhan pertanian hingga 2008 produksi padi dan palawija di Indramayu terus meroket. Produksi padi mencapai 1.32 juta ton, palawija 7.75 ton, sayuran 37.51 ton dan buah-buahan 235.05 ribu ton. Peningkatan produksi pertanian yang ditunjukan pada 2008 bila di bandingkan dengan tahun 2001, jelas tidak lepas dari program penyuluhan pertanian yang digulirkan Yance Irianto atau H. Irianto MS Syafiuddin (Bupati Indramayu 2000-2010).

Dalam memberdayakan para petani, Yance Irianto juga menggeberkan kelompok tani sebagai wadah pembinaan para petani untuk menggembangkan diri. Perkembangan kelompok tani di Indramayu cukup signifikan. Bila pada 2002 kelompok tani di Indramayu hanya sebanyak 1.080 kelompok, maka pada 2004 berkembang menjadi 1.103 kelompok tani. Jumlah ini terus meningkat hingga pada 2008 mencapai 1.250 kelompok tani.

Untuk meningkatkan kualitas kelompok tani, Yance Irianto, juga memprakarsai program peningkatan kelembagaan kelompok tani. Adapun kegiatannya antara lain; sarasehan, mengirim petani pada pekan daerah, Hari Krida Tani Tingkat Jabar, serta Pekan Tani Nasional di Palembang, Sumatera Selatan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: