Kenaikan APBD Indramayu

20 Jul

Pada kurun waktu sepuluh tahunan yang lalu Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang sangat tertinggal sekaligus termiskin ditambah lagi dengan jumlah APBD yang sangat rendah hingga menghambat pembangunan di Kabupaten Indramayu. Hal ini dapat berubah saat kepemimpinan Yance Irianto, sebagai Bupati yang mengemban amanat rakyat untuk memajukan Kabupaten Indramayu, beliau berusaha untuk menggali berbagai potensi daerah, dan meningkatkan pendapatan daerah untuk membangun Kabupaten Indramayu.

Hal ini bisa dilihat dari Pendapatan Asli daerah (PAD) dan APBD Kabupaten Indramayu dalam sembilan tahun terakhir ini terus meningkat secara progresif. Setiap tahun selalu terjadi peningkatan APBD Indramayu secara signifikan. Bila pada tahun 2000 APBD Indramayu sebesar Rp. 120 miliar, pada tahun pertama H. Irianto MS Syafiuddin memimpin Indramayu APBD-nya meningkat secara signifikan sebesar Rp. 191 miliar atau mengalami kenaikan 142,50%.

Kenaikan itu juga ditunjukan pada tahun berikutnya. Pada tahun 2002 APBD Indramayu menjadi Rp. 398,6 miliar, 2003 (Rp. 520 miliar), 2004 (Rp. 519 miliar), 2005 (Rp. 520 miliar), 2006 (Rp. 809,57 miliar), 2007 (Rp. 967,63 miliar), 2008 (Rp. 1,06 triliun, 2009 (Rp. 1,24 triliun), dan 2010 (Rp. 1,27 triliun). Dari gambaran tersebut terlihat bahwa selama sembilan tahun Kang Yance memimpin Kabupaten Indramayu terdapat kenaikan anggaran APBD lebih dari 1000%.

Salahsatu bentuk terobosan yang di gulirkan oleh Yance Irianto untuk meningkatkan pendapatan daerah adalah dengan memperkenalkan enefit dalam setiap program yang dijalankan, artinya setiap program yang disusun harus menguntungkan Pemkab Indramayu dan masyarakat. Paradigma baru penggunaan anggaran harus di ukur dengan benefit itu kiranya semakin terasakan hasilnya bagi Pemkab Indramayu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: