Usaha Merevitalisasi PPI & TPI di Pesisir Indramayu

21 Jul

Banyaknya aktivitas kegiatan perikanan tangkap yang berlangsung di Kabupaten Indramayu mendorong peningkatan sarana dan prasarana pendukung dari kegiatan tersebut. Hal ini sangatlah perlu mengingat Indramayu mempunyai sangat banyak pantai dan banyak diantara rakyat Indramayu banyak byang berprofesi sebagai nelayan. Secara tidak langsung pengembangan dan upaya revitalisasi PPI dan TPI ini akan juga memacu pertumbuhan ekonomi mereka.

Hal inilah yang sangat disadari oleh Yance Irianto, selaku Bupati Indramayu saat itu, walaupun dengan segala keterbatasan anggaran yang tersedia, beliau segera melakukan berbagai program agar keberadaan PPI dan TPI di Indramayu dapat segera dilakukan pembenahan. Beberapa hasil dari program yang beliau lakukan adalah pembangunan TPI Eretan Wetan dan Tegalagung. Merehab TPI Singaraja, Majakerta, Tegalagung. untuk meningkatkan mutu pelayanan TPI maupun PPI juga dilakukan pengadaan sarana peralatan untuk TPI Karangsong, TPI Gayem, TPI Limbangan, TPI Eretan Wetan dan Eretan Kulon. Peralatan itu berupa 300 sarana trays, timbangan duduk 3 unit, timbangan gantung 4 unit dan motor spayer 4 unit.

Dari hasil program beliau kini di Indramayu terdapat tiga sentra PPI utama, yaitu PPI Dadap di sebelah timur, PPI Karangsong di wilayah tengah dan PPI Eretan di kawasan barat Indramayu. Dengan keberadaan PPI tersebut tak hanya kapal/perahu nelayan Indramayu yang berlabuh di sana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh disana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh dan melelangkan hasil tangkapannya di Indramayu. Hal ini selain memberikan nilai tambah terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Indramayu, juga bisa meningkatkan PAD Indramayu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: