Permintaan Dendeng Ikan Indramayu Meningkat 100 Persen

2 Agu

Permintaan Dendeng Ikan di Indramayu Jawa Barat meningkat pada pertengahan Ramadan ini. Akibatnya sejumlah perajin kewalahan karena bahan baku dipasaran tak sebanding dengan permintaan yang ada.

Rasmini perajin ikan dendeng di Indramayu mengatakan bahwa gejala peningkatan permintaan itu sudah terlihat sejak awalRamadhan. Permintaan tidak hanya dari lokal tetapi juga datang dari luar kota seperti Cirebon,Majalengka dan Jakarta. Sementara itu, jumlah tangkapan ikan segar nelayan beberapa pekan terakhir mulai berkurang. ” Kita kadang sering kehabisan. Sebab bahan ikan tak sebanyak bulan sebelumnya ” ujar Rasmini kepada wartawan Kamis (2/8)

Diungkapkan Rasmini, ikan dendeng merupakan makanan khas Indramayu. Makanan ini menjadi semacam lauk wajib masyarakat seperti halnya tahu dan tempe. Karena itu harganya juga murah. Makanan ini sering menjadi cadangan lauk, karena mampu bertahan lama meski tidak diawetkan dengan bahan kimia. Rasanya juga gurih karena sebelumnya diolah dengan bumbu khusus.

Rasmini menambahkan , pada hari biasa dalam satu hari dia mengolah sekitar 100- 200 kilogram dendeng ikan. Beberapa hari ini dia mengolah lebih dari 400 kilogram dan semuanya habis terjual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: