Memutus Rantai Birokrasi Berbelit di Indramayu

3 Agu

Didalam pemerintahannya di Indramayu 2000-2010, Yance selalu berusaha untuk menciptakan sebuah sistem, dimana rakyat yang mengusung dirinya menjadi penguasa tunggal di Indramayu, bisa bertemu dan berdialog dengan dirinya tanpa dibatasi dengan aturan protokoler dan birokrasi sebagaimana terjadi dalam tata kelola pemerintahan modern. Salah satu terobosan yang ia lakukan agar dirinya selalu dekat dengan rakyat adalah dengan menciptakan acara Rakyat Ketemu Bupati (RKB) yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Indramayu, setiap hari Jum’at. Di forum RKB inilah rakyat miskin bisa menyampaikan permasalahannya dan mendapatkan solusi dari bupati secara langsung.

Begitu besar minat masyarakat untuk menghadiri RKB, Bupati Yance juga menginstruksikan kepada seluruh camat di Indramayu untuk menyelenggarakan Rakyat Ketemu Camat (RKC) yang pelaksanaannya bersamaan dengan RKB pada hari Jum’at. Masyarakat yang berada di pelosok desa, untuk mengadukan permasalahannya yang dihadapi oleh diri dan lingkungannya, mereka tak perlu datang ke Pendopo

RKB dan RKC merupakan sebuah model komunikasi antara pimpinan dan rakyat yang menggabungkan antara kearifan lokal, system pemerintahan modern dan gaya kepemimpinan egaliter yang tidak hanya dilakukan secara verbal, tetapi juga aktual dan faktual. Ini sebuah inovasi dari sebuah proses pergumulan, seorang Bupati Irianto dalam mendorong mata rantai sebuah birokrasi yang kadang-kadang menghambat rakyat, khususnya penduduk miskin untuk memiliki akses langsung kepada bupati. Bila RKB dan RKC itu dikapitalisasikan tiap minggu, tiap bulan, dan tiap tahun, ternyata makin banyak penduduk miskin di Indramayu bisa ketemu dengan dirinya, serta semakin banyak yang bisa dicarikan solusinya. (baca: www.kangyance.com)

Terobosan-terobosan yang inovatif seperti diatas diharapkan mampu dibawa untuk memajukan Jawa Barat walaupun dengan bentuk yang berbeda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: