Peran Strategis Masjid di Indramayu

7 Agu

Sebagai pusat pengembangan Islam, Masjid dan Musholah/Langgar memiliki peranan strategis. Karena itu, Kang Yance juga menaruh perhatian besar dalam memberdayakan Masjid dan Mushola di wilayahnya. Pada tahun 2007 jumlah Masjid di Indramayu sebanyak 767 Masjid. Sementara Musholah sebanyak 4.011 yang tersebar di berbagai pelosok Bumi Wiralodra.

Disatu kelurahan terdapat lebih dari 10 Mushola itu merupahan hal biasa di Indramayu. Bahkan ada salah di salah satu desa, seperti Sliyeg, terdapat 18 Mushola dengan 1 Masjid. Masyarakat di desa tersebut menjalankan ibadahnya setiap hari di Mushola.Namun untuk kegiatan sholat Jum’at dan kegiatan memperingati hari besar Islam biasanya diselenggarakan di Masjid yang ada di desa itu.

Dalam memperdayakan Masjid, Yance lebih banyak menekankan pada pembinaan imam Masjid yang tergabung dalam Forum Komunitas Imam Masjid (Forkim). Pembinaan ini di perlukan, karena imam Masjid merupakan aset paling besar dan merupakan ujung tombak untuk melakukan transformasi sosial keagamaan kearah yang lebih baik. Mereka itu diberikan berbagai pelatihan yang bermanfaat serta diberikan tunjangan daerah sama dengan pegawai lainnya. Setidaknya 1.200 imam Masjid yang mendapatkan tunjangan daerah sebesar Rp.100.000,- perbulan.

Untuk meningkatkan pengelolaan Masjid, Yance menyarankan dilakukan penilaian-penilaian terhadap kinerja Masjid dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pengembangan Islam. Terhadap masjid yang memiliki prestasi Bupati memberikan dana stimulan, untuk masjid yang menduduki peringkat I diberi stimulan sebesar Rp.25.000.000, Peringkat II diberi stimulan sebesar Rp.20.000.000, dan Peringkat III diberi stimulan sebesar Rp.15.000.000.
Yance memiliki keperdulian terhadap kegiatan Masjid.

Selain dalam bidang fisik, juga mendinamisir kegiatan-kegiatan di Masjid, baik itu berupa meningkatkan manajemen dan administrasi DKM melalui bentuk diskusi maupun seminar-seminar baik yang di selenggarakan Forkim, Imaroh, maupun DKM Masjid. Kepedulian Yance juga ditunjukan dengan seringnya pria kelahiran Ambon ini untuk menghadiri pengajian di Masjid yang ada di berbagai pelosok Kabupaten Indramayu.

Atas kepedulian Yance terhadap Pemberdayaan Masjid, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Dewan Masjid Indonesia Jawa-Barat pada tanggal 12 Februari 2007 Menganugerahkan DMI Award kepada bapak tiga orang anak ini, karena dinilai mendukung program pemberdayaan Masjid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: