KPK Dilibatkan Mengawasi APBD Jabar

10 Agu

KPK Dilibatkan Mengawasi APBD Jabar

Komisi Pemberantasan Korupsi akan dilibatkan dalam setiap rapat yang terkait dengan pembahasan APBD Jabar. Disini KPK difungsikan untuk melakukan kontrol sekaligus pencegahan untuk meminimalisir kemungkinan adanya tindak pidana korupsi serta untuk mengawal pembahasan APBD Jabar 2013. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Sekretaris DPRD Jabar Ida Hernida.

Disini, KPK bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). KPK menugaskan Staf BPKP secara khusus dalam pengawasan tersebut. Mereka akan bekerja selama 20 hari terhitung sejak 23 Juli lalu.

Beberapa waktu lalu, pihak DPRD Jabar telah menerima surat dari BPKP dari BPKP soal keterlibatan mereka untuk mengawasi pembahasan APBD yang disana juga dilampirkan surat dari KPK.

“KPK minta bantuan BPKP karena sumber daya manusianya terbatas,” kata Ida saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/8/2012) Kemarin.

Total ada 22 staf BPKP yang ditugaskan oleh KPK untuk mendampingi pembahasan APBD baik dalam tingkat paripurna, musyararah, hingga komisi.

Intinya KPK memerintahkan BPKP untuk melaksanakan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi. Hasilnya mereka pasti melaporkan ke KPK,” jelas Ida.

Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara menyambut positif apa yang dilakukan oleh KPK. Irfan optimis, dengan cara seperti itu maka penyimpangan atau korupsi dalam pembahasan APBD Jabar dapat dicegah lebih awal.

“Alhamdulillah semua anggota dewan merespon ini. Ini tentu harus didukung,” tuturnya.

post : 10 Aug, 2012
Tags :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: